Kelompok HAM Israel Gush Shalom Sambut Baik Rekonsiliasi Hamas-Fatah

Kelompok Hak Asasi Manusia Israel, Gush Shalom, mengeluarkan pernyataan pers pada hari Kamis kemarin (28/4), menyambut baik perjanjian rekonsiliasi antara kedua kelompok Palestina yang saling bersaing Hamas dengan Fatah di Kairo pada hari Rabu lalu.

Mantan Anggota Knesset Avnery, yang juga aktiis Gush Shalom, mengatakan "Saya sepenuh hati menyambut baik kesepakatan yang dicapai oleh faksi Palestina di Kairo dalam upaya mewujudkan persatuan Palestina dalam mengatasi perpecahan. Persatuan Palestina tidaklah merupakan ancaman bagi Israel, tetapi suatu kepentingan bagi Israel."

"Negara Israel dapat dan harus mencapai kesepakatan damai dengan seluruh rakyat Palestina, dengan semua faksi, melalui sebuah Pemerintah Persatuan Palestina yang mewakili mereka semua," Avnery menambahkan.

Sebelumnya pada Rabu lalu delegasi yang dipimpin oleh Musa Abu Marzuq, anggota Politbiro Hamas, dan Azzam al-Ahmad, anggota komite pusat Fatah memulai pembicaraan untuk mencapai kesepakatan persatuan yang telah lama ditunggu dengan dimediasi oleh Menteri Luar Negeri Mesir, Nabil al-Arabi.(fq/imemc)