Pasukan dan Tank Israel Menyeberang ke Wilayah Gaza

Pasukan Israel yang didukung oleh tank dan buldoser telah menyeberang ke Jalur Gaza, menghancurkan lahan pertanian Palestina di utara wilayah tersebut.

Militer Israel memasuki wilayah Palestina dari persimpangan Karni pada Rabu kemarin (11/5) dan maju beberapa ratus meter ke arah timur Kota Gaza.

Menurut koresponden Press TV di Gaza, militer Israel menggali serangkaian lubang di daerah tersebut dan mengisinya dengan bahan peledak.

Militer Israel kemudian meledakkan bahan peledak itu sehingga menyebabkan terjadinya ledakan keras di daerah tersebut, wartawan Press TV menambahkan.

Para pejabat Israel menyatakan bahwa pasukan mereka melakukan operasi untuk mencari dan menghancurkan terowongan yang mungkin ada di area tersebut yang dapat digunakan oleh pejuang Palestina untuk memasukkan benda-benda berbahaya ke Israel dan menangkap tentara Israel.

Namun para analis percaya bahwa serangan Israel ditujukan untuk memprovokasi pejuang Palestina menembaki pasukan Israel, yang bisa meningkat situasi di wilayah itu.

Dan ini adalah serangan Israel pertama di Gaza setelah dua faksi Palestina utama, Hamas dan Fatah, menandatangani kesepakatan persatuan.

Israel telah berulang kali menyuarakan kemarahan pada kesepakatan rekonsiliasi yang ditandatangani antara dua kelompok Palestina yang bertujuan membentuk pemerintah persatuan Palestina.(fq/prtv)