Pemukim Yahudi Israel Tembak Mati Pemuda Palestina

Pemukim Israel menembak mati seorang pemuda Palestina berusia 19 tahun di Tepi Barat yang diduduki pada Kamis kemarin (28/1), kata saksi mata warga Palestina.

Pejabat rumah sakit mengatakan pemuda itu ditembak di dadanya.

Penduduk mengatakan pemukim Israel menembakkan senjata mereka ke oday Kaddous setelah mendekati dia dan sepupunya di lapangan dekat kota Nablus.

Sekitar 70 penduduk desa dan penduduk lokal lainnya telah berpawai ke arah pemukiman yahudi Yitzhar yang ilegal dan melakukan protes ketika seorang pemukim melepaskan tembakan, seorang pejabat Otoritas Palestina mengatakan kepada kantor berita Palestina.

Pejabat itu, Ghassan Daghlus, yang memantau aktivitas pemukim di Tepi Barat utara, mengatakan mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut berasal dari pemukiman Yitzhar.

Sebelumnya, penduduk setempat menuduh pemukim telah membakar sebuah mobil warga Palestina di dekat desa selatan Einabus dari Yitzhar.

Di samping mobil dibakar, Daghlas mengatakan, para pemukim melakukan aksi vandalisme dengan menuliskan semprotan cat dalam bahasa Ibrani "kami tidak akan melupakan evakuasi," mengacu pada baru-baru ini pembongkaran sebuah pos pemukiman ilegal tidak jauh dari Yitzhar, pada 12 Januari lalu.(fq/wb)