Perdana Menteri Mesir Tiba di Gaza di Tengah Dua Hari Serangan Israel

Perdana Menteri Mesir Hisyam Kandil akhirnya tiba di Jalur Gaza pada hari Jumat ini (16/11) di tengah serangan dua hari militer Israel di wilayah tersebut.

Kandil memasuki Gaza melalui Rafah Mesir dan disambut oleh para pejabat Gaza. Yusuf Rizqa, seorang penasihat utama di Gaza, mengatakan kepada wartawan yang berkumpul meliput kunjungan itu, mengatakan kunjungan PM Mesir sangat signifikan selama pemboman Gaza dan akan mengirimkan pesan penting kepada Israel.

Israel mengatakan pihaknya akan menangguhkan semua aksi militer selama tiga jam kunjungan Kandil selama kelompok pejuang Gaza juga menghentikan tembakan.

Kandil mengatakan kepada wartawan ia akan bertemu PM Ismail Haniyah untuk membahas beberapa isu, termasuk situasi warga sipil di Gaza.

Selama kunjungan tiga jam, Kandil akan mengunjungi rumah sakit utama di Gaza asy-syifa, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga komandan brigade Izzuddin Al-Qassam Ahmad al-Jaabari yang syahid (insya Allah) dibunuh Israel.

Israel menargetkan al-Jaabari pada Rabu lalu, sehingga menewaskan 19 warga Palestina termasuk Al-Jaabari sendiri. Pejuang Gaza sendiri telah menembakkan roket ke Israel, menewaskan tiga warga Israel.

Media Israel melaporkan bahwa lebih dari 20 roket jatuh di wilayah selatan Eshkol Israel pada Jumat pagi hari ini, dengan tidak ada laporan korban luka.(fq/mna)