Ratusan Pemukim Yahudi Serang Mobil Warga Palestina di Nablus

Ratusan pemukim Yahudi hari Minggu kemarin (24/4) menyerang mobil warga Palestina di selatan dan timur kota Nablus, Tepi Barat.

Serangan ini terjadi hanya beberapa jam setelah pemukim Yahudi tewas dan empat lainnya terluka, salah satu dari mereka kritis, dalam sebuah insiden penembakan yang dilakukan oleh polisi Palestina di dekat kuburan Yusuf di kota.

Pemukim yahudi yang marah memblokir jalan masuk kota Nablus dan melemparkan batu ke arah mobil milik warga Palestina, saksi melaporkan. Beberapa jendela mobil rusak.

Pasukan pendudukan Israel (IOF) menutup pos pemeriksaan Hawara di selatan Nablus setelah terjadinya serangan pemukim Yahudi.

Pemukim Yahudi berkumpul di persimpangan desa Burin dan di pos pemeriksaan dekat Nablus Beit Fourik dan menyerang warga Palestina, saksi mata menambahkan.

Seorang pria Palestina dan putranya berusia 11 terluka setelah pemukim Yahudi melempar kendaraan mereka dengan batu di dekat pos pemeriksaan Hawara selatan Nablus.

Pada hari yang sama, setelah insiden penembakan di Nablus, anggota Knesset Michael Ben-Ari menyerukan pemerintah Israel untuk mendapatkan kembali kendali atas kuburan Yusuf, di mana kejadian itu terjadi. Dia mendesak untuk segera pembentukan sebuah pos Yeshiva di sana.(fq/pic)