Satu Pejuang Jihad Islam Syahid oleh Serangan Roket Israel

Sebuah misil yang ditembakkan oleh pesawat Israel telah menewaskan seorang pejuang Palestina yang sedang mengendarai sepeda motor di dekat Jalur Gaza dengan perbatasan dengan Israel Selasa kemarin (11/1), tentara Israel dan kelompok pejuang Jihad Islam mengatakan.

Seorang jurubicara militer Israel mengatakan serangan udara itu ditujukan kepada pejuang Jihad Islam yang telah merencanakan untuk melakukan serangan di dalam Israel.

Jihad Islam mengidentifikasi anggotanya yang syahid (insyaAlalh) sebagai Muhammad Najjar, 24 tahun, dan mengatakan dia sebelumnya pernah terluka di kepala dalam pertempuran selama serangan ofensif tiga pekan Israel terhadap jalur Gaza yang diluncurkan pada akhir 2008.

Insiden ini adalah pembunuhan yang ketiga yang menargetkan pejuang Palestina oleh Israel dalam beberapa minggu terakhir.

Jihad Islam mengancam akan membalas dan mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis: " Semua opsi terbuka untuk menanggapi kejahatan pembunuhan ini."

Penduduk setempat mengatakan serangan udara terjadi di sebelah timur kota Khan Younis di Jalur Gaza tengah dan melukai beberapa warga lain, yang tidak segera diidentifikasi.

Para pejabat keamanan mengatakan juga bahwa terjadi juga tiga serangan udara sekitar tengah malam dengan dua rudal menghantam area komplek pasukan keamanan Hamas, dan kamp pelatihan Jihad Islam serta stasiun polisi Hamas. Tidak ada laporan adanya korban.

Para pejuang Palestina telah meningkatkan serangan roket lintas-perbatasan kei Israel selatan dalam beberapa pekan terakhir dan Israel telah merespons dengan serangan udara.

Pejuang Palestina telah meluncurkan sedikitnya 20 roket dan bom mortir ke Israel sejak awal tahun 2011, seorang jurubicara militer Israel mengatakan.(fq/reu)