Senin Pagi ini, Pesawat Tempur Israel Kembali Serang Gaza

Pesawat perang Israel telah meluncurkan sebuah serangan udara di Jalur Gaza selatan, menargetkan terowongan yang sering dipakai warga Palestina melintasi perbatasan antara daerah Gaza yang diblokade dan Mesir.

Rudal dari pesawat Israel menghancurkan dua terowongan pada Senin pagi ini (26/7), namun tidak meninggalkan korban, lapor AFP mengutip pernyataan pejabat keamanan Palestina.

Israel sering menyerang terowongan di daerah Gaza yang merupakan basis kekuasaan Hamas yang menjalankan roda pemerintahan di antara penduduk yang berada di ambang krisis kemanusiaan dengan hampir separuh 1,5 juta penduduk Gaza tergantung pada bantuan makanan dari luar.

Pengepungan/blokade oleh Tel Aviv telah membuat warga Gaza tidak ada pilihan lain, kecuali dengan membuat sebuah jaringan terowongan di perbatasan dengan Mesir – yang Mesir sendiri bekerja sama dengan Israel menjaga perbatasan Rafah – satu-satunya terminal yang tidak dalam kontrol Israel.

Israel menuduh warga Palestina menggunakan lubang untuk menyelundupkan senjata untuk gerakan perlawanan di wilayah ini.

Namun Palestina menolak gugatan itu, dengan mengatakan terowongan digunakan untuk mensuplai kebutuhan pokod mendasar warga Gazar, termasuk makanan dan bahan bakar.(fq/prtv)