Subaru Gunakan Gambar Penabrakan Bocah Palestina dalam Iklan Mobil Mereka

Otorita Palestina Rabu kemarin (20/4) menyerukan kepada produsen mobil Jepang Subaru cabang Israel untuk mengambil tindakan setelah iklan parodi dengan sangat jelas menunjukkan salah satu mobil mereka menabrak pemuda Palestina.

Iklan yang diduga benar, yang muncul di beberapa website, menunjukkan gambar terkenal seorang pemukim Israel dengan mengendarai mobil Subarunya menabrak anak laki-laki Palestina yang sedang melempar batu di Yerusalem timur tahun lalu.

Dan dalam iklan tersebut tertulis slogan dalam bahasa Ibrani: "Lihat siapa yang akan berdiri di jalan."

"Tidak jelas apakah ini adalah iklan asli atau palsu atau apakah seseorang sengaja memanfaatkan logo Subaru," kata sebuah pernyataan dari pemerintah Palestina.

Meskipun demikian, mereka mengatakan mereka telah mengajukan keberatan ke pihak Subaru, mendesak mereka untuk mengambil tindakan terhadap penggunaan gambar yang "mengerikan" ini.

"Kami mendesak Anda untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menghentikan peredaran iklan tercela ini dan mengutuknya," kata surat itu.

Kantor Subaru di Tel Aviv belum memberikan tanggapan segera atas kasus iklan ini.

Gambar iklan berasal dari sebuah insiden pada bulan Oktober di mana pemimpin pemukim David Beeri menabrak dua pemuda palestina, berusia 10 dan 11 tahun, di lingkungan Silwan di Yerusalem timur.

Insiden ini direkam oleh fotografer dan wartawan yang berada di sana untuk meliput kerusuhan yang sering terjadi setelah shalat Jumat. (fq/mna)