Terungkap Pimpinan Shin Bet Sering Kunjungi Abbas di Tepi Barat

Sebuah laporan menyebutkan bahwa kepala layanan keamanan intelijen Israel Shin Bet, Yuval Diskin diam-diam mengunjungi Tepi Barat untuk bertemu dengan presiden otoritas Palestina Mahmud Abbas.

Surat kabar Haarezt pada hari Senin kemarin (12/7) melaporkan bahwa Diskin adalah penghubung antara PM Netanyahu dengan pimpinan otoritas Palestina Mahmud Abbas. Dan Diskin juga menjadi saluran komunikasi antara kantor menteri pertahanan Ehud Barak dengan tentara pendudukan yang ada di Tepi barat.

Hareetz dalam laporannya mengatakan, "Diskin baru-baru ini mengunjungi Ramallah dan Jenin di Tepi Barat, ia berada di sana selama satu hari penuh."

Laporan surat kabar Israel ini menjadi bukti kuat adanya hubungan yang sangat erat pemerintahan Abbas dengan Israel selama ini.

Surat kabar itu menambahkan bahwa pihak Shin Bet dalam kasus ini meminta untuk tidak mengomentari laporan dari surat kabar Haaretz, namun para pejabat senior Palestina mengakui bahwa Diskin teah mengunjungi Jenin di tepi Barat pada hari minggu lalu sebagai tamu Umum Intelijen.

Surat kabar itu juga melaporkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, karena adanya peningkatan hubungan keamanan antara Israel dan Otorita Palestina, pejabat senior Shin Bet dan pejabat militer Israel beberapa kali mengunjungi Tepi Barat dan melakukan pertemuan dengan kepemimpinan Otoritas dan keamanan Palestina di markas besar presiden Palestina di Muqata Ramallah.

Surat kabar itu menambahkan bahwa Diskin telah mengunjungi komandan pasukan IDF di Tepi Barat, Jenderal Nitzan Alon, didampingi oleh Kepala Administrasi Sipil, Brigadir Iua Mordechai yang merupakan pimpinan aparat keamanan Palestina di Ramallah.

Di sisi lain, Gerakan Perlawanan Islam Hamas dengan keras mengutuk hubungan memalukan ini antara Otoritas Palestina di Ramallah, dengan pihak Israel.(fq/islamtoday)