Tunggu Cuaca Membaik, Israel Akan Lanjutkan Usaha Bunuh Pejuang Hamas

Tentara Israel menunggu perbaikan kondisi cuaca untuk melanjutkan usaha pembunuhan yang menargetkan para pemimpin dan aktivis yang berafiliasi dengan sayap militer Hamas. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh surat kabar Ynet Senin kemarin (4/4), seorang komentator militer, Ron Bin Yeshay, mengatakan bahwa usaha pembunuhan itu datang dalam upaya untuk melakukan pencegahan dalam menghadapi faksi Palestina dua tahun setelah perang berdarah diluncurkan Israel di Jalur Gaza.

Bin Yeshay, menunjukkan bahwa keputusan untuk melanjutkan operasi ini ke tingkat berikutnya dibuat baru-baru ini dalam pertemuan di tingkat menteri kecil yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu. Pada rapat tersebut hadir juga para pemimpin dari organ-organ keamanan Israel.

Netanyahu dilaporkan telah mendukung ide untuk meluncurkan operasi militer secara penuh.

Menurut Bin Yeshay, dalam hal ini pejuang Hamas menjadi target operasi pembunuhan terencana tentara Israel.

Intelijen Israel, katanya, berharap pembunuhan yang dilakukan akan mendorong Hamas mencegah faksi pejuang Palestina lainnya dari meluncurkan roket ke wilayah Israel.

Bin Yeshay memperingatkan bahwa provokasi seperti ini justru akan menempatkan ribuan ‘pendatang’ di sekitar Jalur Gaza di bawah serangan roket perlawanan serta membahayakan kesempatan bagi Israel untuk melakukan pertukaran tahanan dengan Hamas.(fq/alahram)