Perbedaan Pandemi, Epidemi, dan Endemik, Hati-hati Sering Salah Tafsir!

Eramuslim.com – Istilah penyebutan penyakit menular seperti pandemi, epidemi, endemik, dan wabah seringkali disalahpahami. Definisi masing-masing istilah tersebut juga berubah-ubah seiring perkembangan penyakit dari waktu ke waktu.

Corona Viruses against Dark Background

Penyebutan istilah penyakit menular dalam percakapan sehari-hari membutuhkan definisi yang tepat. Karena itu, penting untuk mengetahui perbedaannya agar tidak salah mengartikan informasi mengenai perkembangan kesehatan masyarakat, terlebih dalam memahami kebijakan pemerintah.

Definisi Epidemi

Pemahaman pertama dapat dimulai dari epidemi. Dilansir dari Public Health, Columbia University, Rabu (15/9/2021), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menggambarkan epidemi sebagai peningkatan tak terduga dalam jumlah kasus penyakit di wilayah geografis tertentu.

Dalam sejarah Amerika, penyakit yang tergolong epidemi antara lain demam kuning, cacar, campak, dan polio.

Penyakit epidemi juga disebut tidak harus menular. Misalnya, demam West Nile dan peningkatan pesat tingkat obesitas juga dianggap sebagai epidemi.

Dalam istilah yang lebih luas, epidemi dapat merujuk pada penyakit atau perilaku terkait kesehatan tertentu lainnya (misalnya, merokok) dengan tingkat yang jelas di atas kejadian yang diharapkan di suatu komunitas atau wilayah.

Definisi Pandemi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan pandemi ketika pertumbuhan penyakit eksponensial. Ini berarti tingkat pertumbuhan meroket dan setiap hari kasus tumbuh lebih dari hari sebelumnya.

Dalam istilah pandemi, virus tidak berhubungan dengan virologi, kekebalan populasi, atau keparahan penyakit. Hal ini berarti virus mencakup wilayah yang luas, mempengaruhi beberapa negara dan populasi.

Definisi Endemik

Masih merujuk sumber yang sama, endemik adalah wabah penyakit yang secara konsisten ada tetapi terbatas pada wilayah tertentu. Hal ini membuat penyebaran penyakit dan tingkat penyebarannya dapat diprediksi. Malaria, misalnya, dianggap endemik di negara dan wilayah tertentu.

Definisi Wabah

Wabah adalah peningkatan jumlah kasus endemik yang lebih besar dari yang diperkirakan. Bisa juga kasus tunggal di daerah baru. Jika tidak segera dikendalikan, wabah bisa menjadi epidemi.