Perbedaan Pandemi, Epidemi, dan Endemik, Hati-hati Sering Salah Tafsir!

Perbedaan Pandemi, Epidemi, Endemik, dan Wabah

WHO mendefinisikan pandemi, epidemi, dan endemik berdasarkan tingkat penyebaran penyakit. Jadi, perbedaan antara epidemi dan pandemi bukanlah pada tingkat keparahan penyakitnya, tetapi sejauh mana penyebarannya.

1. Perbedaan Epidemi dan Pandemi

Cara sederhana untuk mengetahui perbedaan antara epidemi dan pandemi adalah dengan mengingat “P” dalam pandemi, yang berarti pandemi memiliki paspor. Pandemi adalah wabah yang menyebar, dilansir dari Intermountain Healthcare, Rabu (15/9/2021).

2. Perbedaan Epidemi dan Endemik

Sebuah epidemi secara aktif menyebarkan kasus baru. Persebaran penyakit tersebut secara substansial melebihi apa yang diharapkan. Secara lebih luas, ini digunakan untuk menggambarkan masalah apa pun yang di luar kendali, seperti “epidemi opioid.”

Epidemi sering terlokalisasi di suatu wilayah, tetapi jumlah mereka yang terinfeksi di wilayah itu secara signifikan lebih tinggi dari biasanya. Misalnya, ketika COVID-19 terbatas di Wuhan, China, itu adalah epidemi.

Penyebaran geografis mengubahnya menjadi pandemi. Seperti yang terjadi di Indonesia saat ini.

Sementara itu, endemik muncul secara tetap di lokasi tertentu. Seperti Malaria yang merupakan endemik di beberapa bagian Afrika dan Es adalah endemik Antartika.

3. Perbedaan Endemik dan Wabah

Endemik dapat menyebabkan wabah dan wabah dapat terjadi di mana saja. Contohnya wabah demam berdarah di Hawaii. Demam berdarah adalah endemik di wilayah tertentu di Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, dan Karibia.

Nyamuk di daerah ini membawa demam berdarah dan menularkannya dari orang ke orang.

Namun pada tahun 2019 terjadi wabah demam berdarah di Hawaii, dimana penyakit tersebut tidak mewabah. Diyakini orang yang terinfeksi mengunjungi Big Island dan digigit nyamuk di sana.

Serangga kemudian memindahkan penyakit itu ke individu lain yang mereka gigit, yang menciptakan wabah.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik definisi dasar mengenai pandemi, epidemi, endemik, dan wabah, sebagai berikut:

1. Epidemi adalah penyakit yang menyerang sejumlah besar orang dalam suatu komunitas, populasi, atau wilayah.

2. Pandemi adalah epidemi yang menyebar di beberapa negara atau benua.

3. Endemik adalah sesuatu yang dimiliki oleh orang atau negara tertentu.

4. Wabah adalah peningkatan jumlah kasus endemik yang lebih besar dari yang diperkirakan. Bisa juga kasus tunggal di daerah baru. Jika tidak segera dikendalikan, wabah bisa menjadi epidemi.

[Detik]