Taliban Dan Afghanistan Siap Gelar Perundingan Damai Pasca Lebaran Mendatang

ngosiator talibanEramuslim – Rabu 8 Juli 2015, Pakistan mengumumkan bahwa pembicaraan damai kelompok bersenjata Taliban dan pemerintah Afghanistan akan dilanjutkan setelah hari raya Idul Fitri mendatang, setelah berakhirnya pembicaraan keduanya pada hari Selasa (07/07) kemarin.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar negeri Pakistan pada Rabu pagi menyatakan, “Pemerintah Kabuk dan Taliban sepakat melanjutkan pembicaraan damai pasca lebaran Idul Fitri, setelah selesainya pembicaraan awal di resor pegunungan Mori, pinggiran ibukota Islamabad.”

Kemenlu Pakistan menambahkan, “Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan pembicaraan damai sebagai langkah awal menemukan suasana kondusif untuk proses perdamaian dan rekonsiliasi.”

Ini adalah upaya kedua Pakistan untuk menjadi moderator kedua pihak mengakhiri konflik bersenjata yang telah berlangsung sejak 14 tahun lalu di Afghanistan, dimana pada tahun 2001 Amerika Serikat berhasil menggulingkan pemerintah Taliban yang saat itu sedang berkuasa.

Sementara itu PM Nawaz Syarif dalam komentaranya pada hari Selasa kemarin mengatakan bahwa ini adalah langkah terobosan baru kedua belah pihak untuk menggelar pembicaraan damai. PM Nawaz Syarif meminta delegasi pemerintah untuk berhasil dalam proses kali ini.

PM Pakistan Nawaz Syarif berjanji bahwa negaranya akan bersikap netral dan berharap tidak ada satu pihak pun yang dirugikan dalam pembicaraan damai ini. (Alarabiya/Ram)