4 Hal Baru di Musim Haji 2017

Eramuslim – Musim Haji 2017 telah resmi ditutup Kerajaan Arab Saudi sejak beberapa waktu lalu. Akan tetapi masih terdapat sejumlah jamaah haji Indonesia yang kini dirawat di Tanah Suci dan belum dapat dipulangkan karena kondisi kesehatan.

Musim Haji 1438 Hijriyah dikatakan terbilang sukse penyelenggaraannya. Di musim haji kali ini, umat Islam diperkenalkan dengan sejumlah terobosan baru yang dilakukan Kerajaan Arab Saudi untuk menyambut para Tamu Allah.

Berikut 4 hal baru di Musim Haji 1438 H;

Arab Saudi Sediakan Penyewaan Skutik Sai dan Tawaf

Jamaah calon haji makin dimanjakan dengan kehadiran teknologi di komplek Masjidil Haram. Di musim haji 1438 Hijriyah kali ini Pengelola Masjid al-Haram dan Masjid an-Nabawi akan mulai mengoperasikan layanan skuter matik berbayar untuk jamaah haji.

“Layanan berbayar ini merupakan terobosan baru yang diberikan oleh Masjidil Haram,” ujar Kepala Satuan Operasi Armina Jaetul Muchlis, Jumat (4/8).

Pantauan wartawan Republika, Nasih Nasrullah, dari Makkah menyebutkan, skutik ini bisa digunakan untuk lansia yang tersedia di lantai dua dan tiga Masjid al-Haram tepat di area Marwah. Layanan ini cukup membantu jamaah dan sangat diminati tidak hanya oleh lansia, tetapi juga kalangan muda.

Untuk menggunakan layanan ini, jamaah harus merogoh kocek 100 riyal atau sekira Rp 350 ribu untuk kapasitas satu seat. Sedangkan kapasitas dua seat, pihak manajemen Masjid al-Haram membandrolnya dengan harga 200 riyal atau setara kurang lebih Rp 700 ribu. Jalur khusus di lantai dua dan tiga dimaksudkan agar tidak mengganggu rute jamaah lainnya.