4 Hal Baru di Musim Haji 2017

Melontar Jamarat Kini Diatur Lampu Lalu Lintas

Kementerian Haji Arab Saudi melalui Muasassah Haji wilayah Asia Tenggara telah menyiapkan sejumlah terobosan dalam pelaksanaan haji 1438 Hijriah. Sejumlah aturan baru diterapkan pada musim haji kali ini guna menghindari situasi yang tidak terkendali saat puncak ibadah haji.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis, lampu lalu lintas itu untuk mengendalikan pergerakan jemaah haji saat melontar jumrah bagi jemaah haji di setiap maktab.

“Jadi ada lampu semacam traffic light (lampu lalu lintas): ada merah, kuning, hijau,” ujar Sri Ilham saat ditemui di Bandara International King Abdul Azis pada Sabtu, 12 Agustus 2017.

Saat lampu berwarna hijau menyala, kata Sri Ilham, jemaah dibolehkan masuk dan melontar jumrah. Jika warna kuning yang menyala, berarti sudah ada peringatan kepada jemaah untuk berhenti berjalan. Saat lampu merah yang menyala, jemaah diwajibkan berhenti. Petugas akan mengunci pintu gerbang sehingga jemaah tidak akan bisa masuk untuk melontar jumrah. (RAM)