free hit counters
 

Hikmah Sikap Sebuah Pohon

Eramuslim.com – Ada begitu banyak pohon di negeri ini, tapi mungkin barangkali sedikit yang mengambil pelajaran dari kehidupan sebatang pohon. Jika anda berpergian, apakah itu dalam rangka kerja, wisata, silaturahim, ataupun hanya sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu, tidakkah anda perhatikan bagaimana sebuah pohon mengarungi kehidupannya.

Baiklah kita mulai belajar dari sebatang pohon saja. kita lihat dan perhatikan betapa ia mahluk yang tabah dan sabar, ikhlas dalam menjalani cobaan-cobaan dalam hidupnya.

Ketika ia mulai tumbuh, meskipun ia tidak di pedulikan oleh siapapun, ia tidak patah semangat untuk tetap tumbuh lebih baik. Tidak menangis minta di perhatikan dan tidak menuntut makanan yang lezat-lezat. Ketika mulai dewasa, ia tidak suka berjalan-jalan, tidak minta pindah tempat, juga ia tidak minta untuk populer agar dapat dikenal diseluruh penjuru bumi.

Ketika ia mulai berprestasi, menghasilkan daunnya yang segar dan cabang-cabangnya yang menawan, ia tidak menuntut adanya upah kerja, dan tidak minta penghargaan maupun minta apresiasi dari lembaga pohon di dunia ini. Ketika hujan datang, ia tidak meminta di payungi, tidak keberatan dengan suhu yang dingin dan selalu bersahaja menghadapi kedinginan oleh derasnya hujan yang menerpa tubuhnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru