free hit counters
 

Kisah Khalifah Umar Mengubah Rakyat Yang Benci jadi Cinta

Eramuslim.com – Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu adalah tokoh fenomenal. Kisah Umar bin Khattab adalah kisah yang tak pernah habis hikmahnya.

Beliau sahabat Rasulullah yang kepemimpinan dan pengaruhnya diakui bukan hanya oleh umat Islam namun juga tokoh non muslim. Karya monumental Michael H Hart yang berjudul The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History menjadi salah satu buktinya.

Hart menempatkan nama Umar bin Khattab sebagai salah seorang dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia sepanjang sejarah. Sedangkan peringkat pertama, dengan penuh kejujuran Hart menempatkan Muhammad Rasulullah.

Dalam The 100, Umar dimasukkan sebagai salah seorang tokoh paling berpengaruh di dunia sepanjang sejarah karena di bawah kepemimpinannya, ia mampu mencapai perluasan wilayah Islam yang fantastis.

Kepemimpinan Umar yang sangat efektif demikian mempengaruhi manusia sehingga umat Islam mencapai futuhat yang luar biasa. Sedangkan kalangan non muslim waktu itu, mereka segan dan hormat kepada Umar.

Salah satu keistimewaan kepemimpinan Umar bin Khattab, selain keteladanan, adalah doa. Kisah Umar bin Khattab yang diabadikan Ibnu Qutaibah rahimahullah dalam Al Imamah was Siyasah menunjukkan bagaimana doanya dengan izin Allah membuat orang-orang yang semula benci berubah menjadi sangat mencintai Umar.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Hikmah Terbaru