free hit counters
 

Mengapa Harus Bertaubat di Bulan Ramadhan?

Eramuslim – RAMADHAN merupakan bulan ampunan dalam kalender Islam. Oleh karena itu setiap Muslim dianjurkan bertaubat pada bulan suci tersebut serta memperbanyak doa memohon ampun kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang gemar bertaubat dari maksiat dan bersungguh-sungguh dalam bersuci dari segala macam kotoran,” (QS. Al-Baqarah: 222).

Lalu kenapa seseorang harus bertaubat? Dikutip dari laman JATMAN sebagaimana melansir Saudi Gazzete, sedikitnya ada empat alasan yang membuat seorang Muslim mesti bertaubat, yaitu:

1. Nabi Muhammad saja BerTaubat 70 Kali Sehari

Taubat adalah perbuatan yang sangat dianjurkan. Nabi Muhammad SAW saja yang dianggap sebagai manusia terbaik di antara semua manusia dan dijamin ma’sum (terlindungi dari dosa) oleh Allah SWT, ia bertaubat 70 kali dalam sehari.



Maka itu, alangkah sombongnya seorang Muslim jika tidak tergesa-gesa mencari pintu taubat atas semua kesalahan yang dilakukan baik secara terang-terangan maupun diam-diam. Apalagi di era distrupsi teknologi saat ini, banyak kesalahan yang bisa dilakukan tanpa disadari.

2. Bebas dari Dosan dan Dapat Pahala

Taubat itu adalah perbuatan yang menguntungkan. Seperti menembak dua ekor burung dengan satu perluru.

Sebab, ketika permohonan ampun diterima oleh Allah SWT, seorang Muslim tidak hanya mendapatkan kelegaan karena terbebas dari perbuatan buruk di waktu-waktu sebelumnya, tapi juga mendapatkan pahala dari ibadah taubat itu sendiri.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ramadhan Terbaru