free hit counters
 

Ulas Tuntas Perihal Pohon Gharqad

Berbicara mengenai peperangan antara Umat Muslim dan Yahudi yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW, tidak akan berakhir hingga akhir zaman. Sehingga semua pohon pun ikut berbicara, namun akan ada satu yang akan tetap diam yaitu Pohon Gharqad.

Walaupun di zaman Nabi pohon ini hanya sebagai kisah saja, namun sekarang sudah mulai dikembangbiakkan. Bahkan, jumlahnya mencapai ribuan di satu lokasi pada negara Israel. Oleh karena itu, sebagai umat Islam perlu mengetahui dan memahami tentang pohon tersebut.

Ranting Pohon Gharqad

Hadits dan Dalil Terkait Pohon Gharqad

Cukup banyak Hadits yang meriwayatkan tentang pohon Gharqad, namun tidak semua orang mengetahui lebih jelasnya. Oleh karena itu, berikut ulasan lengkapnya:

Hadits Pertama

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ فَيَقْتُلُهُمْ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِيُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوْ الشَّجَرُ يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ خَلْفِي فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ إِلَّا الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata, ‘Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia.’ Kecuali (pohon) gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.”

Hadits di atas menjelaskan bahwa salah satu tanda kiamat besar hancurnya seluruh semesta adalah peperangan hebat antara Kaum Muslim dan Kaum Yahudi yang akan berujung saling membunuh.

Pada saat itu pula, Kaum Yahudi akan ketakutan lalu mencari tempat persembunyian di balik batu, pohon-pohon besar, namun semua benda-benda dan makhluk hidup Allah itu akan berbicara dan memberitahukan kepada Umat muslim.

Tetapi hanya ada satu pohon, yaitu Gharqad yang akan tetap diam ketika ada Umat Yahudi bersembunyi di balik batangnya.

Hadits Kedua

تُقَاتِلُكُمُ الْيَهُودُ فَتُسَلَّطُونَ عَلَيْهِمْ ثُمَّ يَقُولُ الْحَجَرُ يَا مُسْلِمُ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Kaum Yahudi, nanti akan memerangi kalian. Akan tetapi kalian (diberi kekuatan) menguasai (mengalahkan) mereka, kemudian (sampai) batu pun berkata : “Wahai Muslim, ada orang Yahudi di belakangku, bunuhlah dia”.

Hadits berikutnya ini juga memperkuat pernyataan sebelumnya, dimana saat hari kiamat pertanda besarnya adalah usaha orang-orang Yahudi untuk mengalahkan Kaum Muslim. Namun, Allah akan memberikan kekuatan luar biasa agar mampu mengalahkan mereka.

Hadits Ketiga

فَلاَ يَبْقَى شَيْءٌ مِمَّا خَلَقَ اللهُ يَتَوَارَى بِهِ يَهُودِيٌّ إِلاَّ أَنْطَقَ اللهُ ذَلِكَ الشَّيْءَ لاَ حَجَرٌ وَلاَ شَجَرٌ وَلاَ حَائِطٌ وَلاَ دَابَّةٌ…

“Maka tidak ada satupun ciptaan Allah yang dijadikan tempat persembunyian Yahudi, melainkan Allah jadikan ia berbicara, baik batu, pohon, tembok maupun hewan “

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah RA ini, juga memperkuat keberadaan Hadits sebelumnya. Saat hari kiamat nanti, usaha Umat Islam dalam membasmi Kaum Yahudi akan dipermudah. Hal tersebut juga membuktikan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, seluruh milik Allah akan mampu dikendalikan dengan mudahnya.

Hadits Keempat

لا تقوم الساعة حتى يقاتل المسلمون اليهود، فيقتلهم المسلمون حتى يختبئ اليهودي من وراء الحجر والشجر، فيقول الحجر أو الشجر: يا مسلم، يا عبد الله، هذا يهودي خلفي، فتعال فاقتله.. إلا الغرقد، فإنه من شجر اليهود” (ذكره في: صحيح الجامع الصغير أيضًا -7427)

Tidak akan terjadi hari kiamat, hingga Muslimin memerangi Yahudi. Orang-orang Islam membunuh Yahudi hingga Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon. Namun batu atau pohon berkata “Wahai muslim, wahai hamba Allah, inilah Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuh saja. Kecuali pohon gharqad (yang tidak demikian), karena termasuk pohon Yahudi.” (HR.Muslim dalam Shahih Jami’ Ash-Shagir no.7427)

Salah satu Hadits shahih di atas menegaskan bahwa, saat hari kiamat nanti akan dipertandakan dengan adanya pertengkaran besar antara Umat Muslim dan Yahudi yang berakhir dengan kemenangan umat Islam.

Hadits Kelima

تُقَاتِلُكُمُ الْيَهُودُ فَتُسَلَّطُونَ عَلَيْهِمْ ثُمَّ يَقُولُ الْحَجَرُ يَا مُسْلِمُ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Kaum Yahudi, nanti akan memerangi kalian. Akan tetapi kalian (diberi kekuatan) menguasai (mengalahkan) mereka, kemudian (sampai) batu pun berkata : “Wahai Muslim, ada orang Yahudi di belakangku, bunuhlah dia”.

Dalam Hadits Abdullah bin Umar RA, memperingatkan kepada Umat Muslim pada zaman dahulu, bahwa nanti sebelum datang hari kiamat atau seluruh kehancuran, akan ada penyerangan besar-besaran yang dilakukan oleh Kaum Yahudi.

Ciri-Ciri Pohon Gharqad

Pohon yang dijuluki dengan sebutan “milik Yahudi” ini memiliki ciri-ciri teksturnya yang keras dan berduri, tingginya mencapai 1 hingga 2 meter dan berbahaya karena terdapat kandungan racun di dalamnya. Bentuk daunnya menyerupai sendol kecil dan seperti kebanyakan tanaman.

Untuk daun Pohon Gharqad berwarna hiijau. Selain mengandung racun, pohon juga ini dapat menghasilkan buah yang bentuknya menyerupai buah hims berwarna putih kebiru-biruan. Keistimewaan pohon ini dibandingkan tanaman lain yaitu akan terus terlihat segar dan subur di segala musim.

Umur dari Pohon Gharqad ini juga dipercaya panjang sekali sampai akhir zaman. Sehingga keberadaannya saat ini sedang diperbanyak oleh kaum Yahudi.

Penanaman Pohon Gharqad di Israel

Saat ini, Negara Israel sedang menggalakkan penanaman Pohon Gharqad di negaranya. Yaitu memiliki 5 lokasi utama seperti di Gunung Hermon yang ditanami sekitar 900 pohon. Selain itu, lokasi selanjutnya terdapat di padang pasir dengan jumlah mencapai seribu. Kemudian diletakkan juga di semak belukar yang memiliki rumput.

Lokasi hutan dan padang rumput juga dijadikan tempat untuk menanam Pohon Gharqad yaitu di sanadan, ada juga di hutan laut tengah dengan jumlah terbanyak. Namun, pemerintah negara Israel juga menghimbau warganya untuk tetap menanam di berbagai lahan kosong yang tersedia.

Dengan langkah ini, memiliki makna bahwa mereka juga mempercayai bahwasannya yang dijabarkan dalam Al-Qur’an dan Hadits memang benar keadaannya. Walaupun meyakini, namun mereka tidak mau mengamalkan kebenaran dari ajaran agama Islam.

Dengan kata lain, orang Yahudi juga sadar dengan posisi yang menyudutkannya. Untuk mengantisipasi, maka ditanamlah pohon ini dalam skala besar guna mengantisipasi kemungkinan terburuk. Walaupun, tidak ada yang bisa lepas dari hari akhir.

Kisah Pohon Gharqad pada Akhir Zaman

Tidak ada satu orang pun yang mampu menghindarkan diri dari kehancuran hari akhir, bahkan seluruh benda mati dan seisinya yang ada di alam ikut lebur dengan kekuasaan Allah. Namun, ada satu yang dipercaya oleh Umat Yahudi akan melindungi mereka agar lolos dari hari kiamat yaitu Pohon Gharqad.

Hal ini pun dibenarkan oleh Allah yang sudah dijelaskan di dalam Hadits dan ayat Al-Qur’an. Konon Pohon Gharqad terdapat di suatu wilayah yang akan dijadikan tempat kematian Dajjal serta Kaum-kaum Yahudi di tangan Nabi Isa AS.

Jika saat ini mulai ditanam, maka kemungkinan besar pada hari kiamat sudah besar dan siap digunakan untuk berlindung. Namun, umat Islam juga tidak mau kalah dari kaum kafir, kemungkinan terbesar jika terjadi peperangan semua pohon yang sudah ditanam bisa ditebang guna menemukan keberadaan kaum Yahudi tersebut.

Dengan kata lain, walaupun pohon tersebut di tanam juga tidak menurunkan semangat juang kaum muslimin untuk tetap giat dan tegar dalam menjalankan serta menegakkan kalimat Allah. Karena upah dari jihat adalah syurga.

Sejarah Pohon Gharqad

Sebagai umat Islam, kiranya mengetahui sejarah dari Pohon Gharqad merupakan ilmu yang harus dipelajari. Dengan begitu, tidak akan menimbulkan tanda tanya besar akan maknanya. Seperti:

Orang Yahudi Berlindung di Balik Islam

Sejak 14 abad lalu, Kaum Yahudi tidak pernah seangkuh sekarang. Keberadaannya baru diakui, dan selama ini mereka selalu berada dalam lindungan Umat Islam. Sebab keamanannya akan terjamin, karena dalam Islam dilarang memerangi sekalipun terhadap kaum kafir.



Sepanjang sejarah, komunitas orang-orang Yahudi selalu dimusuhi dan dikucilkan oleh semua bangsa, bahkan sudah diincar oleh Kaum Hitler Negara Jerman. Bahkan, hampir tidak ada wadah bagi mereka.

Yahudi Meng-Agresi Palestina

Segala pertanyaan Umat Muslim akhirnya terjawab pada tahun 1948, dimana Umat Yahudi melakukan penjajahan kepada salah satu Negara Islam Palestina. Kemudian, pada tahun 1967 semakin terjawab dimana mereka menjadi penyebab terjadinya perang antara Bangsa Arab dengan Israel.

Pernyataan Nabi Muhammad

Kemudian, segala bukti kejahatan dan kecurangan Kaum Yahudi diperkuat dengan keberadaan Hadits yang dikatakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW, pada hari kiamat nanti akan ada wilayah-wilayah yang ditanami Pohon Gharqad milik Yahudi. Sehingga melindungi mereka dari serangan Umat Islam.

Penutup

Begitulah fakta tentang Pohon Gharqad dan beberapa hal yang harus diketahui. Walaupun pohon ini tidak dapat berbicara dan bisa menyembunyikan kaum Yahudi, namun tidak ada satu umat pun bisa lepas dari hari akhir dan ketentuan Allah SWT.

Tahukah Anda Terbaru