Kurdi Peshmerga Irak Kirim Pasukan Ke Kobane untuk Pertempuran dengan IS

TURKEY-SYRIA-CONFLICT-KURDSPemerintah Daerah Kurdistan Irak akan mengirimkan milisi Peshmerga ke kota  Kobane untuk membantu suku mereka  melawan Negara Islam , sekretaris jenderal Kementerian Peshmerga, Jabbar Yawar, mengatakan kepada wartawan di Erbil pada hari  Selasa.

Yawar mengatakan Pemerintah Daerah Kurdistan telah sediakan milisi  Kurdi di Kobane dengan pasokan bantuan termasuk senjata dan amunisi. Komando Sentral AS kirimkan pesawat  C-130 yang mengangkut “beberapa”  pasokan untuk milisi Kurdi Irak.

Sebuah bundel persediaan amunisi yang salah kirim  kemudian dibom oleh pesawat perang AS untuk mencegah kiriman tersebut  jatuh ke tangan IS, kata militer AS.

Keputusan Peshmerga untuk mengirim pasukannya  ke Kobane datang setelah sehari  Turki mengatakan akan memungkinkan pasukan Kurdi untuk menyeberang ke Kobane, sebuah langkah yang dipuji oleh NATO dan  Washington, yang secara aktif terlibat dalam memerangi IS.

Masuknya milisi Peshmerga terlatih ke Kobane bisa menjadi dorongan semangat  bagi Kurdi Suriah, yang sekarang didukung oleh serangan udara pimpinan AS. (Arby/Dz)