Presiden Ashraf Ghani Keluhkan Daulah Islam Miliki Pengaruh di Afghanistan

Ashraf-Ghani-300x174Eramuslim.com – Kabul , Afghanistan – Presiden Ashraf Ghani secara terbuka mengakui untuk pertama kalinya pada hari Sabtu bahwa Daulah  Islam telah  mendapatkan pengaruh di Afghanistan , dan ia siap untuk berangkat ke Amerika Serikat dan mencoba  memperlambat penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan.

Laporan ini telah berkembang sejak  komandan pasukan Islam Taliban yang memerangi pemerintah Afghanistan bersumpah setia kepada jaringan Daulah Islam  yang mengendalikan sejumlah bagian Suriah dan Irak.

“Karakteristik Daesh (Daulah Islam)  adalah kelompok militan predator . Mereka menelan pesaingnya, “kata Ghani dalam sebuah briefing. “Di sini (Di Afghan) ,  bukan kehadiran fisik adanya orang dari Suriah atau Irak. Tapi ini adalah efek jaringannya . ”

Para pejabat Afghan mengatakan bahwa pemerintahan Obama merencanakan  menarik  5.500 tentara pada akhir tahun ini.  Namun, Ghani telah mengisyaratkan dalam pembicaraan menjelang kunjungannya bahwa  ia ingin Amerika Serikat untuk mempertahankan 10.000 tentara di Afghanistan untuk 10 tahun kemudian. (JL/KH)