Dewan Fatwa Eropa: Lebaran Jatuh Pada 30 Agustus

Dewan Fatwa dan Riset Keislaman Eropa mengatakan jika lebaran Idul Fitri 1432 H di benua tersebut diperkirakan bertepatan pada hari Selasa tanggal 30 Agustus mendatang. Demikian dilansir kantor berita Aljazeera (22/8).

Juru bicara Dewan Fatwa Eropa mengatakan, perkiraan tersebut berdasarkan hitungan hisab yang teliti dan mampu dipertanggungjawabkan. Dikatakannya, hilal bulan Syawal tahun ini akan keluar pada hari Selasa, 30 Agustus mendatang.

"Berdasarkan hitungan "hisab falaki", kami memastikan Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada Selasa 30 Agustus nanti. Hilal bulan Syawal akan "berhilal" pada waktu tersebut," kata sumber itu.

Melihat Hilal atau bulan sabit pertanda awal bulan hijriyah, tambah sumber tersebut, bisa melalui mata telanjang atau bisa juga melalui alat mutakhir.

Dewan Fatwa yang berpusat di ibu kota Irlandia, Dublin, tersebut juga mengharapkan, umat Islam di seluruh dunia bisa berlebaran pada waktu yang bersamaan dan disepakati.

Selain itu, lebaran juga diharapkan dapat menjadi momentum umat Islam untuk memperbaiki keadaan mereka dalam berbagai lini dan menyatukan barisan. O(ags/jzr)