Erbakan Pemimpin Partai Islam Turki Masuk Rumah Sakit

Necmettin Erbakan, pemimpin Saadat Partisi (SP) atau partai kebahagaian yang merupakan partai Islam Turki, telah dirawat di rumah sakit setelah menderita tromboflebitis berulang di kaki kirinya.

Mustafa Yilmaz, penasehat untuk Erbakan, bapak pendiri "Milli Görüş", sebuah gerakan yang mengakar dalam politik Islam di Turki, mengatakan bahwa pemimpin partai Islam berusia 85 tahun ini tidak memiliki masalah kesehatan yang mengkhawatirkan, namun dia menderita tromboflebitis berulang.

Dokter Kepala Rumah Sakit Ankara Guven juga menjelaskan kepada wartawan terkait kondisi terakhir Erbakan.

"Erbakan dalam kondisi stabil dan bagian-bagian vital tubuhnya berjalan normal," katanya.

Pada tahun 1997 tentara sekuler Turki memaksa koalisi Islam, yang dipimpin Erbakan untuk mengundurkan diri dari jabatannya dalam apa yang oleh para penulis sebut sebagai "kudeta postmodern".

Lahir pada tahun 1926, Erbakan adalah perdana menteri Turki dari tahun 1996 sampai 1997. Pada tahun 1997, Partai Kesejahteraan yang berkuasa, atau RP, dilarang oleh pengadilan dan ia dilarang dari politik aktif. Meskipun berada di bawah larangan politik, Erbakan bertindak sebagai mentor dan penasehat informal untuk mantan anggota RP yang mendirikan Partai Kebajikan, atau FP, pada tahun 1997.

FP dinyatakan inkonstitusional pada tahun 2001 dan dilarang, pada saat itu larangan Erbakan di kegiatan politik telah berakhir dan ia kemudian mendirikan SP, yang ia pimpin dari tahun 2003-2004 dan terpilih kembali untuk memimpin pada tahun 2010.(fq/agencies)