Penghina Nabi itu Akan Diberi Penghargaan oleh Kanselir Jerman

kartunis Denmark Kurt WestergaardKanselir Jerman Angela Merkel berencana aan memberi penghargaan kepada kartunis Denmark yang menyebabkan kegemparan di dunia Muslim dengan gambar kartun yang menghina Nabi Muhammad (saw).

Merkel dijadwalkan akan memberikan penghargaan tersebut dalam upacara peringataan tentang kebebasan pers di Potsdam, dekat Berlin pada hari Rabu ini (8/9) di mana ia akan memberikan penghargaan kepada kartunis Denmark Kurt Westergaard, kata pihak penyelenggara acara mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Selasa kemarin (7/9).

"Kita masih tidak tahu apa artinya kebebasan dan kita tidak boleh lupa betapa berharganya kebebasan terutama kebebasan Pers. Dan kebebasan pers adalah salah satu fitur dari demokrasi yang bebas," kata Merkel seperti dilansir oleh AFP.

Kartunis berusia 75 tahun, yang telah membuat tersinggung umat Islam di seluruh dunia, akan diberikan M100 Media Prize 2010 oleh Merkel.

Kartun yang menghujat Nabi Muhammad pertama kali dicetak pada tanggal 30 September 2005 di surat kabar Denmark Jyllands-Posten, dan berulang kali dicetak ulang di koran-koran yang berbeda di lebih dari 50, sebagian besar di negara-negara Barat.

Langkah oleh media Barat itu memicu kemarahan di kalangan umat Islam di seluruh dunia, protes massa memprovokasi oleh masyarakat yang menuntut Westergaard dihukum.

Westergaard mengumumkan pada bulan Juni lalu bahwa ia akan pensiun dari koran Jyllands-Posten dalam upaya untuk meredakan ketegangan atas kartun menghinanya.(fq/prtv)