Penyiar Terkenal AS: 157 Juta Muslim di Dunia adalah Teroris

Glenn Beck seorang pembawa acara televisi dan radio terkenal AS, Senin kemarin (6/12) menyatakan bahwa 10% dari semua Muslim di dunia adalah teroris. Jika Beck meyakini hal tersebut, maka akan ada 157 juta Muslim yang dituduh teroris di seluruh dunia. Angka itu kira-kira setengah dari penduduk Amerika Serikat.

Estimasi 10% Beck itu datang pada sebuah acara radio, di mana Beck mengeluh bahwa media tidak tepat menutupi tindakan kekerasan yang disebabkan ‘teroris’ Islam dan kelompok radikal di Amerika Serikat. Beck mengklaim bahwa sedikitnya 0,5% publik Amerika terdiri dari radikal kekerasan. Jika benar itu berarti ada 1,5 juta radikal kekerasan di Amerika Serikat.

Namun Beck tidak menggunakan statistik atau logika untuk memaparkan datanya dengan angka-angka pasti dalam kasus ini. Jika Beck tetap ngotot meyakini apa yang ia sampaikan, maka Beck telah menuduh 157.000 juta muslim di dunia ini adalah "teroris" dan tampaknya akan ada aksi lebih banyak lagi teroris di dunia.

Pada akhirnya, seperti banyak klaim Beck, tidak ada cara untuk membuktikan hal itu. Pertama, karena tidak ada definisi resmi tentang apa dan siapa yang merupakan teroris. Jika Beck mengklaim teroris adalah siapapun yang bersimpati dengan beberapa sudut pandang al-Qaidah ia mungkin memiliki titik yang lebih baik. Tapi kalau Beck mengklaim teroris adalah seseorang yang sebetulnya bersedia untuk melakukan tindakan teror maka ia mungkin salah. Kedua, tidak ada jumlah resmi teroris di dunia sejak teroris yang bekerja secara rahasia. (fq/exa)