Presiden Suriah Akan Sampaikan Pidato Pertamanya di Tengah Aksi Protes

Presiden Suriah Bashar Assad akan berpidato di depan umum untuk pertama kalinya sejak aksi protes meletus yang belum pernah terjadi sebelumnya di negeri yang menerapkan kontrol yang sangat ketat ini.

Kantor berita milik pemerintah mengatakan Assad akan berbicara pada hari Rabu ini (30/3). Dia diharapkan akan berpidato mengumumkan perubahan konstitusi, termasuk mengakhiri hukum darurat negara yang telah diterapkan hampir 50 tahun di negara tersebut yang secara luas memberikan rezim bebas untuk menangkap orang tanpa dakwaan.

Pidato yang akan disampaikan Assad ini, banyak dipandang sebagai ujian penting untuk kepemimpinan dirinya dan salah satu yang dapat membantu menentukan arah ke mana negara tersebut akan berjalan.

Protes anti-pemerintahan Assad meletus pada tanggal 18 Maret di kota selatan dan semakin meluas ke seluruh Suriah. Aksi penanganan aparat keamanan Suriah terhadap demonstran digambarkan sebagai aksi paling brutal dalam kerusuhan yang terburuk yang terjadi di negara itu dalam beberapa dekade. Human Rights Watch mengatakan lebih dari 60 orang tewas dalam kekerasan yang terjadi di masjid Omari di kota Deraa.(fq/ap)