Pentagon: AS Baru Sanggup Kuasai 1% Lahan ISIS

mediumEramuslim.com – Juru Bicara Pentagon, John Kirby mengakui jika koalisi Kelompok militan ISIS cukup baik daya tempurnya. ISIS baru kehilangan sebagian kecil fraksinya di wilayah pendudukan mereka di Irak sejak Amerika Serikat melancarkan serangan udara untuk menggempur mereka, demikian Kirby.

Dilanisr Press TV (24/1), John Kirby menyatakan pasukan AS bersama dengan pasukan Irak dan Kurdi baru hanya berhasil mengambil alih sekitar 700 kilometer persegi selama periode serangan beberapa bulan terakhir. Jumlah tersebut hanya sekitar 1 persen dari total wilayah yang diduduki ISIS yakni sekitar 55 ribu kilometer persegi.

Kampanye penggempuran ISIS sendiri diketahui baru dilakukan sekitar awal Juni tahun lalu. Sedangkan serangan yang dipimpin oleh AS dengan serangan udaranya baru dimulai sekitar bulan Agustus 2014.

Kirby menambahkan, sejak serangan dimulai, telah ada sekitar enam ribu pasukan ISIS yang tewas baik di wilayah Irak ataupun Suriah. Jumlah tersebut sekitar 20 hingga 30 persen dari militan ISIS.

Sementara itu menurut catatan dari lembaga Syiah Syrian Observatory of Human Rights, di Suriah sendiri telah ada sekitar 1.200 militan ISIS yang tewas akibat serangan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat. Tidak disebutkan apakah istilah “Militan ISIS” itu juga disematkan kepada anak-anak kecil yang jumlahnya juga sangat banyak menjadi korban bom-bom ganas yang dijatuhkan oleh rezim syiah Suriah? (rz)