Tabletop Untuk Meja Dapur

Susanti Hasyim – Senin, 21 Rajab 1430 H / 13 Juli 2009 00:40 WIB

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Semoga Ir. Aria selalu dalam lindungan Allah SWT, amiin…

Saya langsung saja ya pak.

Alhamdulliah…Rumah kecil saya sudah hampir selesai, namun bagian dapur belum tersentuh sama sekali karena saya ingin membuat dapur sesuai cita2 saya.

Begini Ir. Aria, bentuk dapur saya adalah L, tidak terlalu luas dan sampai saat ini hanya dinding dapurnya saja yang baru saya pasang keramik, sedangkan meja dapur masih berupa beton saja.

Saya minta saran Ir. Aria untuk tabletop (meja) dapur. Saya tertarik membuat tabletop yang seamless (tak bergaris). kalau saya pasang keramik tentu saja ada garisnya, sedangkan kalau yang tidak bergaris bisa dengan marmer atau granite yang tentu saja tidak bisa saya lakukan karena harga yang terlalu mahal.

Ada saran tidak pak membuat tabletop dapur yang seamless tapi kuat dari panas dan anti gores dan tidak terlalu mahal. Mohon saran ya pak aria.

Terima kasih banyak.

Wassalam.

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb

Alhamdulillah wa syukurillah, saya turut merasa bahagia Mbak Santi sudah dapat mewujudkan rumah mungil yang insya Allah selalu akan terasa lapang dengan kebahagiaan penghuninya.

Dapur sebagai bagian yang cukup vital dalam sebuah rumah adalah istana bagi istri untuk membahagiakan keluarganya dan sudah seharusnya dirancang dengan cermat, dari mulai penataan zona kerjanya, bentuk, serta material finishingnya. Karena desain yang cermat akan memberikan istri semangat untuk menyajikan makanan yang lezat.

Bagian terpenting dari dapur yang juga harus dicermati adalah penutup bagian atas cabinet atau lemari dapur bagian bawah yang nantinya akan berfungsi sebagai meja untuk proses pengolahan makanan, atau seperti yang sudah lazim dikatakan ‘top table’ atau ‘table top’. Mengapa bagian ini menjadi penting? Tentunya karena bagian ini akan banyak terkena beban dalam proses pengolahan, seperti goresan, panas, noda, dan sebagainya.

Menggunakan material keramik sebagai ‘table top’ sebenarnya sudah cukup dapat mengatasi permasalahan ini, apalagi meja dapur anda sudah terbuat dari cor beton. Tetapi tuntutan estetika menjadi syarat selanjutnya apalagi dengan adanya nat atau alur keramik, membuat perawatan pun cukup merepotkan karena noda yang melekat pada nat tersebut sulit untuk dibersihkan. Mencari table top yang seamless seperti granit atau marmer menjadi pilihan selanjutnya untuk memecahkan permasalahan tersebut, tetapi kendala harga membuat anda mengurungkan niat tersebut karena granit atau marmer dengan ukuran slab (tanpa sambungan) harganya tidak terjangkau.

Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, para produsen bahan bangunan berpikir keras untuk mencari solusi-solusi guna mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Kekuatan, estetika serta fleksibilitas dan harga, menjadi syarat utama diterimanya material tersebut sebagai solusi untuk mengatasi kebutuhan akan table top seperti yang anda inginkan.

Dengan tampilan yang cukup elegan serta ukuran yang sangat  fleksibel kini anda dapat memperoleh material pengganti granit atau marmer yang dikenal dengan nama ‘Solid Surface’. Sebuah inovasi produk yang kuat, tahan panas, anti gores, mudah dibersihkan dari noda serta seamless karena ukurannya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, material yang memiliki warna dan tekstur yang bervariasi ini mudah diaplikasikan karena lebih ringan dan mudah dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan seperti halnya memotong kayu. Ketebalannya yang bervariasi mulai dari 6 mm hingga 12,7 mm membuat material yang terbuat dari 100 persen aqrylic ini kuat, ringan dan tahan gores. Anda dapat memilih warna dan tekstur seperti granit atau warna-warna polos sesuai dengan desain dapur yang anda inginkan. Ukurannya pun variatif mulai dari 2440 mm x 762 mm hingga 3660 mm x 762 mm, sehingga dapat disesuaikan dengan panjang dan lebar meja dapur untuk menghindarkan adanya sambungan yang tidak anda inginkan. Bagian tepinya juga dapat dibevel atau diprofil sesuai dengan konsep dapur klasik atau modern.

Cara membersihkannya pun cukup diseka dengan spon atau lap menggunakan air sabun, atau cairan pembersih furnitur lainnya agar tidak merusak lapisan atasnya. Karena sifat bahannya yang terbuat dari 100 persen acrylic maka perbaikannya jika mengalami kerusakan pada lapisan permukaan lebih mudah dibandingkan material keramik atau granit.

Mengenai harga Solid Surface ini pun lebih terjangkau dibandingkan anda harus merogoh kocek untuk membeli granit asli. Sedangkan sekilas apabila sudah diaplikasikan terlihat mirip sekali dengan granit asli. Kisaran harga tentunya juga bervariasi sesuai dengan mutu dan merk dagang dipasaran.

Mudah-mudahan informasi yang saya berikan akan dapat membantu Mbak Santi untuk membuat dapur yang sesuai dengan cita-cita.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus