Ada Apa Cina Tiba-Tiba Hapus Hutang Yaman?

Wang YiEramuslim – Rabu malam 11 Mei 2016, Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengumumkan bahwa negaranya telah menghapuskan hutang dari pemerintah Yaman, dan akan terus mendukung pemerintahan sah yang dipimpin Presiden Abed Rabbo Mansur Hadi.

Pernyataan ini dikatakan Wang Yi dalam pertemuan dengan delegasi negosiator Yaman sekaligus wakil Perdana Menteri Abdul-Malik al-Mikhlafi di sela-sela Forum Kerja Sama China-Arab di kota Doha, Qatar, Rabu malam.

“Cina tertarik dengan solusi damai krisis di Yaman dan negosiasi yang kini sedang berlangsung di Kuwait. Kami akan selalu mendukung upaya regional dan internasional untuk keberhasilan negosiasi serta mengembalikan legitimasi, kondisi keamanan dan stabilitas di Yaman,” ujar Wang Yi.

HIngga berita ini diturunkan tidak diketahui motif terselubung dari penghapusan utang Yaman dari pemerintah Cina, akan tetapi sejumlah pengamat ekonomi Timteng menyebut penghapusan hutang tersebut bertujuan untuk menyasar proyek rekontruksi di Yaman pasca selesainya perang saudara yang berlangsung sejak awal tahun 2015.