Afghanistan Diguncang Gempa 6,1 Skala Richter Usai 2 Hari Kunjungan Jokowi

Eramuslim – Gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang Afghanistan pada Rabu (31/1) siang waktu setempat. Warga di ibukota Kabul berhamburan ke jalan setelah merasakan guncangan hebat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, titik pusat gempa berada di utara Afghanistan, dekat dengan perbatasan Tajikistan atau di pegunungan Hindu Kush, dengan kedalaman 191 kilometer, seperti dikutip AFP.

Otoritas Manajemen Nasional Kebencanaan Afghanistan, menyatakan sejauh ini belum ada laporan korban dan kerusakan.

Selain di Afghanistan, gempa juga dirasakan di Pakistan, seperti Ibukota Islamabad, Peshawar, dan Lahore, menyebabkan evakuasi di perkantoran dan sekolah-sekolah.

Warga Rawalpindi, Pakistan berdiri di luar toko mereka setelah merasakan gempa bumi

Di Pakistan, seorang bayi dilaporkan tewas dan sembilan orang lain yang masih satu keluarga mengalami luka setelah tertimpa reruntuhan atap bangunan. Kerusakan juga terjadi di Balochistan dan dekat Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Guncangan juga dirasakan di ibu kota India, New Delhi.

Perlu diketahui bahwa terakhi kali Afghanistan digunang gempa besar berkekuatan 7,5 SR pada Oktober 2015 yang memicu tanah longsor dan bangunan roboh. Lebih dari 380 orang tewas dalam bencana tersebut. (in/Ram)