Derek Manangka: Membaca ‘Konflik’ Jend. Gatot dan Tito

Eramuslim.com -SEJUMLAH sahabat netizen membagi foto dan video yang mempertontonkan Menko Polkam Wiranto sedang mengajak Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Tito Karnavian untuk melakukan “Salam Komando”.

Lantas di bawah gambar tersebut ada catatan singkat yang menyebutkan, Jenderal Gatot Nurmantyo ‘ogah’ menuruti ajakan Jenderal Wiranto untuk bersalaman dengan Jenderal Tito Karnavian.

Peristiwa itu katanya terjadi di sela-sela atau seusai acara peringatan Hari Kesaktian Panca Sila, 1 Oktober 2017, di Lobang Buaya, Jakarta Timur.

Gambar pertemuan tiga jenderal ini, tentu saja cukup berbicara dan menarik untuk disoroti. Khususnya dari sudut pandang politik. Bahwa antara Panglima TNI dan Kapolri, secara diam-diam, sedang bermasalah. Dan itulah saya kira salah satu alasan mengapa gambar tersebut disebarluaskan oleh netizen ke berbagai akun media sosial.

Tujuan penyebaran, bisa bermacam-macam. Ada yang mungkin sekadar menebak-nebak tentang benar tidaknya ada permasalahan antara TNI dan Polri.