AS Beri Bantuan Militer Rp209 T, Menlu Israel: Saya Berterima Kasih

eramuslim.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel, Israel Katz, menyampaikan terima kasih kepada Amerika Serikat (AS) karena menyetujui bantuan militer senilai US$ 13 miliar atau setara Rp 209,9 triliun untuk negaranya. Katz menyebut persetujuan untuk bantuan militer itu memberikan “pesan kuat” kepada musuh-musuh Israel.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/4/2024), ucapan terima kasih dari Katz itu disampaikan tak lama setelah Kongres AS, baik DPR maupun Senat, memberikan persetujuan akhir bagi paket bantuan militer untuk Israel. Persetujuan diberikan AS saat perang masih berkecamuk di Jalur Gaza yang memakan banyak korban jiwa.

“Saya berterima kasih kepada Senat AS karena mengesahkan paket bantuan Israel malam ini dengan mayoritas bipartisan,” tulis Katz dalam pernyataannya via media sosial X.

“Paket bantuan Israel yang kini disetujui oleh kedua majelis Kongres menjadi bukti nyata dari kekuatan aliansi kami dan mengirimkan pesan kuat kepada semua musuh-musuh kami,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Katz juga menyampaikan terima kasih kepada pemimpin mayoritas Senat AS Chuck Schumer dari Partai Demokrat dan pemimpin minoritas Senat AS Mitch McConnell dari Partai Republik.

“Atas komitmen teguh Anda terhadap keamanan Israel. Kemitraan strategis Israel-AS tidak bisa dipatahkan,” sebutnya.

Persetujuan Kongres AS untuk paket bantuan militer Israel ini diberikan ketika perang di Jalur Gaza memasuki hari ke-201 sejak dimulai pada Oktober tahun lalu.

Perang itu dipicu oleh serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober tahun lalu, yang dilaporkan otoritas Tel Aviv menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil.

Sejak saat itu, Israel bersumpah untuk melenyapkan Hamas dan melancarkan rentetan serangan terhadap Jalur Gaza, yang dikuasai kelompok militan tersebut.

Laporan terbaru Kementerian Kesehatan Gaza menyebut sedikitnya 34.183 orang, kebanyakan perempuan dan anak, tewas akibat serangan Israel.

 

(Sumber: Detik)

Beri Komentar