AS-Israel Kerjasama Proyek Anti Balistik Iran

DPR menyetujui anggaran dana pertahanan sebesar 504 milyar dollar AS, yang di antaranya akan digunakan untuk kerjasama pertahanan dengan Israel, terutama kerjasama untuk antispasi jika negara Iran menembakkan rudal balistiknya.

Dana yang akan disalurkan langsung ke Israel guna membiayai proyek tersebut sebesar 205 juta dollar, dan proyek penangkal balistik Iran itu kini sedang dikerjakan di Israel. Proyek itu terdiri dari tiga bagian, yaitu proyek kerjasama integrasi dan pembuatan misil Arrow senilai 25 juta dollar, pembangunan sistem pertahanan misil jarak pendek yang disebut "David Sling" senilai 45 juta dollar dan pembelian perangkat Theather High Altitude Are Defence-THAAD senilai 135 juta dollar.

Ketiga proyek tersebut merupakan proyek yang saling berkaitan untuk mendisain roket-roket interseptor yang akan digunakan untuk menembak jatuh misil-misil yang ditembakkan ke sebuah target.

Proyek kerjasama pertahanan dengan Israel ini digagas oleh Duncan Hunter, senator dari Partai Republik yang duduk di Komite Militer DPR AS. Duncan Hunter, senator asal California ini juga kandidat presiden yang akan dicalonkan Partai Republik dalam pemilu presiden tahun 2008.

Hunter mengajukan anggaran ini, di detik-detik terakhir menjelang pengesahan anggaran pertahanan untuk tahun fiskal 2008. Pengesahan itu masih menunggu persetujuan Senat dan rekonsiliasi atas perbedaan-perbedaan yang muncul terkait anggaran tersebut.

Aliansi Penasehat Pertahanan Misili, sebuah kelompok lobi yang sebagian biaya operasionalnya didanai oleh perusahaan-perusahaan pembuat misil, menjadi kelompok yang paling mendukung ide Hunter. Kelompok ini menyambut positif peningkatan kerjasama AS-Israel dalam bidang pertahanan misil. (ln/aljz)