Beri Peluang Sisi Berkuasa, Pemerintahan Transisi Mesir Undurkan Diri

Egypt's Interior Minister Ibrahim and PM Beblawi walk during the funeral service of General Saeed in CairoPemerintahan  transisi Mesir telah mengundurkan diri pada hari Senin untuk membuka jalan bagi komandan militer  Abdel Fatah al – Sisi untuk mengumumkan kandidat kepresidenannya .

Presiden Interim Adly Mansour meminta Perdana Menteri  Hazem el – Beblawi untuk menjalankan urusan pemerintahan sampai perdana menteri baru terbentuk, kutip dari  media lokal Al Ahram .

” Hari ini kabinet mengambil keputusan untuk  pengunduran diri  presiden republik ini , ” kata Beblawi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi , tanpa memberikan alasan yang jelas atas keputusan tersebut .

” Ini bukan waktunya untuk kepentingan pribadi . ini untuk kepentingan bangsa  di atas kepentingan semua orang . ” Tambahnya.

Sisi , yang diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai presiden , dan  ia merupakan bagian dari kabinet , sebagai menteri pertahanan . Mundurnya pemerintahan transisi  secara efektif membuka jalan bagi Sisi untuk mencalonkan diri sebagai presiden dan praktis ia harus meninggalkan jabatannya sebagai menteri pertahanan .

” Ini ( pengunduran diri pemerintahan ) dilakukan sebagai langkah yang diperlukan menjelang pengumuman Sisi yang akan mencalonkan diri sebagai presiden , ” kata seorang pejabat Mesir.

Pejabat itu mengatakan bahwa kabinet telah mengundurkan diri secara massal sebagai alasan agar Sisi  tidak ingin  bertindak sendirian .

Sisi telah meluncurkan peta jalan politik yang mengarah pada pemilihan umum setelah menggulingkan Mursi dan Ikhwanul Muslimin menyusul kerusuhan massa terhadap pemerintah kudeta yang sewenang-wenang .

Sisi juga  telah memperoleh dukungan dari dewan militer Mesir , Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata , untuk mencalonkan diri sebagai  presiden .

Sisi  , seorang militer  infanteri karir yang pernah dilatih di Inggris dan Amerika Serikat telah melakukan beberapa kali kunjungan ke luar negeri ,  dan ia  melakukan kunjungan yang terkesan sangat dipublikasikan ke Rusia awal bulan ini , ketika dia mendapatkan persetujuan dari Kremlin untuk pencalonannya sebagai   presiden Mesir dan menegosiasikan kesepakatan transaksi persenjataan yang cukup  besar . (Arby/Dz)