Cegah Pesawat Jet Iran Mendarat, Pesawat Tempur Saudi Bombardir Landasan Pacu Bandara Yaman

serangan udara saudi 1Eramuslim.com – Jet-jet tempur Arab Saudi (28/4) dilaporkan membom landasan pacu Bandara Internasional Sana’a untuk mencegah pesawat-pesawat jet  Iran mendarat dan menyalurkan bantuan ke pemberontak syiah Houthi.
Al Arabiya News melaporkan pemboman terjadi setelah pesawat kargo Iran memasuki wilayah udara Yaman, dan ngotot ingin mendarat di Bandara Sana’a.
PressTV melaporkan pesawat Iran membawa bantuan logistik untuk pemberontak Syiah Houthi. Namun, jet-jet tempur Arab Saudi memerintahkan pesawat Iran kembali, dan tidak mencoba mendarat. Namun peringatan itu tidak digubris, pesawat-pesawat jet Iran tetap ingin mendarat. Akhirnya, tidak ingin menembak pesawat Iran yang bisa memicu perang terbuka, jet-jet tempur Arab Saudi membombardir landas pacu Bandar Sana’a, yang membuat pesawat tidak bisa mendarat.
Sejak Operasi Pemboman, Arab Saudi telah memberlakukan larangan terbang di atas Yaman untuk mencegah Iran mengirim bantuan persenjataan kepada pemberontak syiah Houthi.(rz)