ElBaradei: Laporan NIE Cocok dengan Temuan IAEA

Pemerintahan Bush sepertinya akan mati langkah untuk mewujudkan ambisinya menghancurkan nuklir Iran.

Setelah laporan National Intelligence Estimate yang menegaskan bahwa Iran saat ini tidak sedang mengembangkan persenjataan nuklir, Ketua Badan Energi Atom Internasional IAEA Muhammad ElBaradei angkat bicara, menguatkan laporan NIE.

ElBaradei menyatakan bawha laporan NIE cocok dengan hasil penemuan IAEA selama ini. "IAEA tidak menemukan bukti konkrit tentang adanya program pengembangan senjata nuklir atau pun fasilitas-fasilitas nuklir yang dirahasiakan di Iran, " kata ElBaradei yang mengaku "sangat tertarik" begitu NIE merilis laporan terbarunya tentang nuklir Iran. ElBaradei berharap kesamaan hasil penemuan IAEA dan laporan NIE ini, bisa membantu untuk meredakan krisis terkait program nuklir Iran.

Seorang pejabat senior di IAEA yang tidak mau disebut namanya, menambahkan, meskipun kampanye-kampanye anti-nuklir Iran terus dilancarkan, IAEA akan tetap berpegang pada hasil penemuannya di lapangan dan tetap berkesimpulan bahwa tidak ada bukti Iran sedang merahasiakan program senjata nuklirnya seperti yang dituduhkan AS dan sekutunya. (ln/presstv)