Heli Mesir Nyelonong Masuk Langit Ghaza, Israel Heboh

Ini peristiwa unik bagi Mesir, Israel dan Palestina. Tiba-tiba saja, sebuah heli milik Mesir memasuki wilaya Ghaza. Pasukan Israel melaporkan sejumlah pesawat militernya menemukan pesawat helicopter milik Mesir yang masuk ke langit wilayah Ghaza. Tapi kemudian mengusir kembali helicopter milik Mesir itu untuk kembali ke wilayah Mesir.

Menurut kantor berita pRancis, emngutip jubir tentara Israel disebutkan, “Helikopter Mesir memasuki wilayah Israel dari Ghaza, sebelum kemudian diusir kembali oleh pesawat tempur Israel. Tentara Israel berusaha melakukan komnikasi dengan pilot Mesir dan menggiringnya untuk kembali ke wilayah Mesir.” Israel tak memberi penjelasan lebih lanjut soal ini. Tapi menurut saksi mata warga Palestina, heliopter Mesir itu sempat terbang cukup rendah di atas Ghaza hingga membuat panik warga Ghaza karena mereka mengira itu adalah helicopter Israel.

Setelah mengetahui bahwa itu adalah heli milik Mesir, yang mirip dengan Apache, tapi berwarna putih, Brigade Izzuddin Al-Qassam, sayap militer Hamas mengeluarkan intruksi melalui alat komunikasi mereka untuk tidak menyerang helicopter Mesir tersebut. Sebelumnya, mereka sempat melontarkan roket anti pesawat ke arah heli tersebut.

Mesir belum merespon peristiwa itu. Tapi ini adalah peristiwa pertama kalinya terjadi sejak tahun 1967. (na-str/iol)