free hit counters
 

Pertandingan Atletik di Batalkan Gara-Gara Iran Gunakan istilah "Teluk Persia"

Al Furqan – Senin, 3 Safar 1431 H / 18 Januari 2010 08:13 WIB

Federasi Solidaritas Islam (ISF) yang berbasis di Riyadh pada hari Ahad kemarin (17/1) membatalkan pertandingan atletik yang direncanakan berlangsung di Teheran pada bulan April mendatang, hal ini disebabkan karena Iran menggunakan istilah "Teluk Persia" pada medali yang akan dibagikan bagi pemenang pertandingan.

ISF, yang dipimpin oleh presiden Federasi Olimpiade Saudi – Pangeran Sultan bin Fahd, mengatakan setelah pertemuan darurat dewan ISF, menyatakan bahwa panitia lokal Iran telah mengambil beberapa keputusan secara sepihak tanpa meminta persetujuan dari federasi dengan menulis beberapa slogan-slogan di medali dan pamflet pertandingan."

Iran "tidak mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh Federasi Olahraga Solidaritas Islam (ISSF)" dan "tidak mengikuti keputusan yang diambil oleh sidang umum dari federasi pada pertemuan sebelumnya di Riyadh," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pertandingan atletik pada bulan April mendatang, untuk sementara ditunda karena perselisihan ini, kata ISF.

Komite dari panitia lokal di Iran untuk pertandingan atletik mengkritik keputusan tersebut melalui website mereka.

"Meskipun argumen meyakinkan ISSF diberikan kepada komite eksekutif (oleh komite Iran), patut disesalkan dan tanpa menyajikan alasan logis, maka komite ISSF memutuskan untuk tidak menyelenggarakan pertandingan dengan Iran sebagai tuan rumah," katanya.

Kecemasan akan Flu babi dan perselisihan karena Teheran menggunakan "Teluk Persia" untuk perairan antara Iran dan wilayah Arab telah menyebabkan pertandingan harus ditunda, sejak direncanakan awal Oktober lalu.

Negara-negara Arab dari daerah kaya minyak bersikeras istilah "Teluk Arab" atau sekadar "Teluk" untuk menyebut perairan laut antara Iran dan wilayah Arab.(fq/aby)

loading...

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus