Karangan Bunga di Depan Masjid Banya Bashi Sofia, Bulgaria

Sejumlah warga kota Sofia di Bulgaria datang ke Masjid Banya Bashi di kota itu, dan meletakkan karangan bunga di depan pagar masjid tersebut. Mereka melakukan itu sebagai bentuk pernyataan maaf atas insiden memalukan yang dilakukan anggota kelompok partai nasionalis Alaka beberapa minggu yang lalu.

Peristiwanya terjadi ketika komunitas Muslim di kota Sofia sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Banya Bashi. Tiba-tiba sekelompok anggota partai pimpinan Volen Siderov datang dan melakukan aksi protes di dekat masjid. Mereka menuntut agar penggunaan pengeras suara di masjid-masjid dilarang.

Sehari setelah insiden itu, muncul laman di Facebook bertajuk "A Flower for Free Bulgaria" yang menyatakan bahwa insiden sekelompok orang yang mengganggu jalannya salat Jumat di Masjid Banya Bashi hanya dampak dari sebuah keributan yang terjadi di Sofia.

Laman Facebook itu mendapat 1.200 dukungan dari para facebooker. Pemilik laman itu mengajak warga Sofia untuk meletakkan bunga di Masjid Banya Bashi untuk menunjukkan pada komunitas Muslim bahwa ada banyak "warga lainnya" yang mengecam tindakan ekstrimis anggota partai nasionalis.

Ajakan itu mendapat sambutan banyak warga Bulgaria. Mereka pun berdatangan ke masjid untuk meletakkan karangan bunga. (ln/IW)