Mayoritas Warga Eropa Anggap AS Biang Kekacauan Dunia

Sebuah polling pendapat yang digelar harian The Financial Times terbitan Inggris diumumkan hasilnya hari ini. Ternyata mayoritas warga Eropa masih memandang AS sebagai pihak yang paling berpotensi memberi ancaman dan bahaya bagi perdamaian dunia.

Kekhawatiran mayoritas warga Eropa dalam polling itu terhadap AS, melebihi kekhawatiran mereka terhadap China, Iran, Irak, Korea utara dan Rusia.

Dalam polling itu disebutkan bahwa 33% warga Eropa dari total 5.000 responden di Inggris, Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol, menganggap bahwa Amerikalah biang keladi kacaunya perdamaian dunia.

Hasil polling yang dilakukan setiap bulan sejak bulan Juni 2006 sampai Juni 2007 itu, juga menyebutkan antara 28 – 37% responden menyebut AS sebagai bahaya besar. Sementara China menempati urutan kedua (19%), dilanjutkan Iran (17%), Irak (11%), Korea Utara (9%) dan Rusia (5%).

Ada seperempat responden asal AS yang juga turut dalam polling mengatakan bahwa Korea Utara lah ancaman dunia terbesar. Dilanjutkan Iran (23%), kemudian China (23%), dan AS sendiri (11%). (na-str/aljzr)