Menara Masjid Tua di Maroko Runtuh, Belasan Orang Tewas

Sebuah menara masjid tua berusia lebih kurang empat abad, runtuh di Maroko pada hari Jumat kemarin (19/2), menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai lebih dari 50 jamaah masjid, kata pejabat rumah sakit dan saksi mata yang melihat kejadian tersebut.

Lebih dari 80 orang masih terperangkap di bawah reruntuhan dan tentara berusaha bekerja keras untuk menjangkau mereka dan mengeluarkan mereka dari reruntuhan, kata Khaled Rahmouni, seorang penduduk di kota Meknes di mana masjid tua itu runtuh.

"Sekitar 300 jamaah berkumpul di dalam masjid untuk shalat pada Jumat siang kemarin. Ketika imam (khatib) akan memulai khotbah jumatnya, tiba-tiba menara masjid runtuh," katanya melalui telepon.

Menara masjid Lalla Khenata runtuh di Bab al-Bardiyine tua sekitar Meknes, yang berjarak sekitar 140 km (80 mil) barat daya kota Rabat Maroko.

Kejadian runtuhnya bangunan tua di kota-kota yang ada di Maroko, cukup sering terjadi, namun runtuhnya menara masjid bisa dikatakan jarang terjadi.

Update terakhir sabtu (20/2), jumlah yang tewas akibat runtuhnya menara masjid di Maroko menjadi 35 orang yang tewas. (fq/aby)