Mujahidin Daulah Semakin Kuasai Kota Sirte-Libya

LIBYA-CONFLICT-ISEramuslim – Mujahidin Daulah Islam menyita sebuah universitas di kota Libya, Sirte, pekerja kampus dan warga mengatakan, setelah rilisan video menunjukkan  parade konvoi.

Mujahidin Daulah  Islam  membuat terobosan di bagian negara penghasil minyak di Afrika Utara, mengeksploitasi kekosongan kekuasaan di antara dua faksi pemerintah yang bersaing.

Sosial media mereka menunjukkan foto-foto pria bersenjata di truk pick-up dan kendaraan 4X4 lengkap dengan  senjata anti-pesawat, dengan  bendera hitam . Mujahidin Daulah yang telah menyita sebagian besar wilayah Suriah dan Irak diyakini telah perluas  kehadirannya ke negara Afrika Utara ini.

Saksi mata mengatakan mujahidin  bersenjata  telah mengambil alih gedung Ouagadougou Centre di  kota kelahiran mendiang Muammar Qaddafi.

Sementara, koalisi milisi Islam Libya telah menguasai ibukota Tripoli , mereka dikenal sebagai Fajr Libya (Dawn of Libya),  mereka mengatakan telah mengirim unit bersenjata untuk “memulihkan keamanan di kota.”

 

Seorang fotografer AFP yang berhasil mengunjungi kota tersebut, mengatakan  pasukan Fajr Libya dan mujahidin Daulah Islam saling menjaga jarak  satu sama lain dan mereka belum ada pertikaian  di antara mereka.

Pekan lalu, Mujahidin Daulah  merebut Radio milik pemerintah di  Sirte dan beberapa gedung pemerintah di kota kelahiran Qaddafi, yang telah menjadi benteng mujahidin Islam sejak penggulingan diktator  pada tahun 2011.

Pada hari Rabu Mesir dan pemerintah Libya meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengangkat embargo senjata atas Libya untuk membantu membangun tentara Libya untuk mengatasi jihadis. (Arby/Dz)