Muslim Rumania Manfaatkan TV sebagai Sarana Dakwah

Hasil dari revolusi telekomunikasi menuai hasil, umat Islam di Rumania sekarang telah menggunakan sarana televisi untuk mengenalkan Islam dan ajarannya kepada masyarakat di wilayah tenggara Eropa.

"Televisi adalah cara tercepat untuk menjangkau ke berbagai sektor masyarakat," kata Abu Alaa El-El-Gheithy, direktur dari Taiba Foundation, kepada IslamOnline.net pada hari Sabtu, 4 Juli kemarin

"Melalui siaran televisi ini, anda dapat memiliki akses yang mudah ke setiap rumah."

Taiba Foundation menyiarkan setiap minggunya selama dua jam, berupa acara Islam Today, pada saluran siaran televisi swasta DDTV untuk memperkenalkan Islam ke masyarakat Rumania.

"Sejak 2006, lebih dari 100 episode dari program yang telah disiarkan," ujar Gheithy.

Muslim Rumania juga secara berkala mengundang tamu khusus pada program acara TV untuk mendiskusikan permasalahan yang menjadi concern umat Islam yang merupakan penduduk minoritas di Rumania.

"Hal ini membuat masyarakat menjadi lebih banyak mengetahui tentang kami dan pesan-pesan Islam yang kami sampaikan," katanya menambahkan.

Ada sekitar 70.000 umat Islam di Rumania, yang merupakan 2 persen dari populasi penduduk Rumania yang berjumlah 22 juta jiwa.

Kebanyakan umat Islam Rumania merupakan komunitas dari etnis Tatar, Turki atau Albania.

Gheithy juga mengatakan bahwa banyak program-program acara TV yang meminta bantuan kepada para pemuka agama Islam untuk menjelaskan Islam secara lebih baik.

"Kami telah diundang oleh saluran TV swasta nasional untuk memberikan penjelasan dan nasihat mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan umat Islam yang menjadi penduduk minoritas," katanya kepada IoL.

"Kami juga diminta untuk memberikan konsultasi pada persoalan kawin campur dan poligami," katanya menambahkan dan upaya mereka tersebut telah berbuah hasil.

"Dengan acara-acara tersebut kami bisa memperbaiki persepsi yang salah terhadap pemahaman masyarakat Rumania terhadap Islam."

Gheithy juga mengatakan bahwa umat Islam Rumania juga telah diundang pada berbagai acara televisi untuk mendiskusikan beragam isu dari perspektif Islam.

Televisi juga memberikan kesempatan kepada umat Islam Rumania untuk membela persoalan yang terjadi di Arab dan timur tengah.

"Kami juga mendiskusikan berbagai isu seperti tentang wanita, ekstrimisme, terorisme dan hidup bersama dalam komunitas yang berbeda," tambahnya.

Umat Islam Rumania telah banyak menerjemahkan buku-buku Islam kedalam bahasa lokal.

Muslim Rumania telah menerjemahkan lebih dari 55 buku yang sesuai dengan mentalitas masyarakat Eropa," ujarnya.

Muslim Rumanisa juga ikut ambil bagian dalam banyak pameran buku dengan menampilkan buku-buku keislaman yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Rumania.

Selain itu, umat Islam Rumania juga menyelenggarakan forum-forum dan pertemuan untuk memperkenalkan Islam ke masyarakat Rumania.

"Hal ini sangat penting bagi umat Islam yang menjadi penduduk minoritas di negeri Barat untuk menjelaskan Islam lewat media kepada masyarakat barat," katanya melanjutkan.(fq/iol)