Otoritas Islam Mesir Bolehkan Perempuan Kenakan Celana Panjang

Otoritas Islam tertinggi Islam Mesir membela hak-hak perempuan untuk mengenakan celana panjang di depan umum – menyusul kasus keputusan pengadilan tinggi di negara tetangga Sudan yang memutuskan hukuman terhadap perempuan untuk dicambuk karena berpakaian dengan mengenakan celana panjang, seperti laporan dari pers lokal pada hari Rabu kemarin.

Grand Mufti Ali Gomaa mengatakan dalam menanggapi sebuah pertanyaan selama berlangsungnya kuliah umum – bahwa celana yang menutupi tubuh perempuan diperbolehkan, meskipun mereka harus longgar dan tidak mencetak bentuk tubuh. Dia menegaskan bahwa celana panjang yang ketat tidak dapat diterima.

Gomaa menggambarkan pertanyaan tersebut sebagai pertanyaan yang "aneh dan lucu" dan dirinya tersenyum ketika menjawab. Syaikh Ali Gooma sendiri merupakan pimpinan dari otoritas keagamaan Islam Mesir dan ditunjuk oleh pemerintah.

Pengadilan Sudan memutuskan hukuman cambuk terhadap 10 wanita karena mengenakan celana panjang. Seorang wanita yang juga jurnalis, Lubna Hussein memperdebatkan hukuman tersebut dan meminta hanya dikenakan denda atas tindakannya melakukan perbuatan "tidak senonoh" – yang menjadikan kasus dirinya menjadi perhatian dunia internasional.

Sejak ditahan pada bulan Juli, kasus Lubna Hussein telah menarik perhatian internasional atas Hukum/UU Sudan terkait "ketidaksenonohan" , yang memungkinkan cambukan sebagai hukuman atas setiap tindakan atau pakaian yang dianggap menyinggung moral. Hukum tersebut mengikuti penafsiran yang ketat terhadap hukum Islam. Lembaga-lembaga HAM mengkritik hukum tersebut sebagai hukum yang samar.

Mesir juga memiliki hukum "ketidaksenonohan" yang diterapkan secara samar-samar namun dapat diterapkan secara luas, tetapi perempuan Mesir lebih diberi sedikit kelonggaran dalam cara berpakaian mereka. Tidak seperti Sudan, tidak ada polisi moral yang dipercayakan untuk penerapan hukum tersebut.

Sementara itu sebagian besar perempuan Mesir mengenakan jilbab dan memakai jubah panjang longgar, gaun gaya Barat, termasuk celana panjang, merupakan pemandangan yang sangat umum.(fq/sunsentinel)