Partai Keadilan dan Pembangunan di Maroko, Diprediksi Ungguli Pemilu Legislatif

Kalau ingin membuat partai, mungkin nama Partai Keadilan dan Pembangunan perlu dipertimbangkan. Sepertinya, nama itu sedang trend dan cenderung menang dalam pemilu.

Dalam waktu dekat, pemilu legislatif bakal digelar di Maroko, dan salah satu pesertanya adalah Partai Keadilan dan Pembangunan, seperti nama partai pemenang pemilu legislatif dan pilpres di Turki.

Di Maroko, PKP juga diduga bakal menyabet suara terbanyak dalam pemilu legislatif hingga sekitar 63 kursi. Itu analisa sejumlah pakar dan pengamat politik di Maroko.

Menurut para pengamat politik itu, Partai Persatuan Sosialis untuk Rakyat yang merupaka partai beraliran kiri, bakal menurun capaian suaranya dan hanya menempati urutan kedua dengan jumlah 34 kursi. Sebelumnya, pada pemilu legislatif tahun 2002, partai tersebut menempati urutan pertama.

Menurut pengamatan sumber-sumber politik Maroko itu, partai beraliran kanan seperti Partai Rakyat dan Perhimpunan Kebebasan Nasional akan mengalami stagnansi perolehan suara sebagaimana pemilu sebelumnya, yakni berkisar antara 37 sampai 40 kursi.

Para analis politik di Maroko memprediksikan tentang hasil pemilu legislatif yang akan digelar. Menurut Meliyud Balqadi, dosen Ilmu Politik Universitas Ar Ribath,
Partai Keadilan dan Pembangunan antara 55 sampai 60 kursi, Partai Kemerdekaan 48 kursi, atau lebih sedikit dari hasil pemilu sebelumya.
Partai Persatuan Sosialis untuk Kekuatan Rakyat antara 35 –45 kursi, Partai Gerakan Rakyat dan Perhimpunan Nasional untuk Kebebasan antra 35 – 42 kursi Partai Perhimpunan Kiri Demokratik (yang merupakan koalisi partai-partai kiri) diperkirakan hanya memperoleh suara 8% saja.

Abdul Ali Hami Ad Diin, dosen Ilmu Politik Universitas Thanja mempekirakan,
Partai Keadilan dan Pembangunan antara 60 – 70 kursi, Partai Gerakan Rakyat antara 50 – 60 kursi, Partai Kemerdekaan antar 50 – 55 kursi, Partai Persatuan Sosialis untuk Kekuatan Rakyat: Antara 40 – 50 kursi, Partai Perhimpunan Nasional untuk Kebebasan antara 40 sampai 50 kursi, Partai Perhimpunan Kiri Demokratik antara 5 – 10 kursi.

Menurut Saed Al-Akhal, pakar gerakan Islam bidang politik mempekirakan
Partai Keadilan dan Pembangunan posisi pertama, Partai Kemerdekaan dan Gerakan Rakyat bersaing untuk menduduki posisi kedua, Partai Persatuan Sosialis posisi keempat, Partai Perhimpunan Nasional untuk Kebebasan posisi kelima.

Pemilu legislatif Maroko akan digelar pada 7 September 2007. Dan Partai Keadilan dan Pembangunan yang juga merupakan partai yang didirikan oleh para aktifis Muslim di Maroko, diprediksi menjadi partai yang unggul dalam pemilu. Bagaimana. Ingin buat Partai Keadilan dan Pembangunan di Indonesia? (na-str/iol)