Penggiat Anti Perang akan Gelar Demo Tolak Islamofobia di London

Penggiat kampanye anti-perang Inggris akan mengadakan aksi protes terhadap munculnya Islamofobia di Inggris dan di seluruh Eropa di ibukota London pada Jumat 2 November besok.

Koalisi Hentikan Perang (Stop the War Coalition) mengatakan aksi protes akan diadakan di London Muslim Center untuk meningkatkan kesadaran tentang fenomena rusak dari kebencian anti-Muslim.

“Islamofobia atau kebencian anti-Muslim mencapai tingkat yang mengkhawatirkan di Inggris dan di seluruh Eropa. Ini fenomena jelek yang bisa kita lihat tentang benturan peradaban yang akan datang antara Islam dan Barat,” kata kelompok itu.

Koalisi Hentikan Perang juga mengatakan aksi protes akan menandai awal dari Bulan Kesadaran Islamofobia yang akan mencoba mengekspos tidak benarnya sikap kebencian anti-Muslim dalam semua aspek di masyarakat Inggris.

“Rasis hari ini dan kelompok fasis seperti English Defense League (EDL) telah mendorong tesis kebencian, menciptakan iklim ketakutan dan kecurigaan terhadap umat Islam,” kata kelompok tersebut.

“Prasangka Islamofobia dibuat lazim dalam arus utama, dipajang dalam kehidupan politik, di media dan dalam sikap polisi serta pengadilan,” tambahnya.

Koalisi Hentikan Perang menekankan kampanye mereka dimaksudkan untuk “mendekonstruksi” dan menantang beberapa stereotip orang terhadap Islam.(fq/prtv)