Polling: Mayoritas Responden Israel Menentang Serangan ke Iran

Sebuah polling yang baru-baru ini dilakukan di Israel menunjukkan bahwa mayoritas responden di Israel menentang serangan ke Irak.

Pertanyaan, "Haruskah Israel sendiri yang menyerang instalasi-instalasi nukli Iran? Jawabannya, 67, 2 persen responden mengatakan tidak, 20, 9 persen responden menjawab ya dan 11, 9 persen tidak punya pendapat.

Survei dilakukan setelah para pejabat Israel mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk menghadapi Iran, jika Negara Para Mullah itu tidak mau kooperatif dalam masalah nuklirnya.

Para pejabat Israel mengatakan bahwa Teheran akan membuat bom atom pada tahun 2009 dan menurut Israel sebuah ancaman global membutuhkan respon yang global pula. Meski belum lama ini lembaga National Intellegence Estimate (NIE) di AS mengeluarkan laporan terbaru yang menyatakan bahwa Iran sudah tidak membuat senjata nuklir sejak tahun 2003. Laporan ini mematahkan keyakinan pemerintahan Bush bahwa Iran diam-diam membuat senjata nuklir lewat program nuklirnya.

Laporan NIE itu sempat membuat marah Israel yang selama ini bergantung pada bantuan AS dalam sektor perekonomiannya, militer dan dukungan politik sehingga rejim Zionis itu masih bisa bertahan sampai sekarang.

Wakil Presiden AS Dick Cheney pernah mengatakan bahwa Israel bisa melakukan serangan sendiri ke Iran. Namun oleh banyak analis militer, skenario itu terlalu berlebihan. (ln/presstv)