Pria yang Berencana Mengebom Masjid Michigan AS Berhasil Ditangkap

Seorang pria berusia 63 tahun warga California yang bepergian dengan bahan peledak dalam kendaraannya, dengan maksud meledakkan salah satu masjid terbesar di negara bagian itu telah ditangkap di pinggiran kota Detroit Dearborn, otoritas Michigan mengatakan hari Minggu kemarin (30/1).

Polisi Dearborn mengatakan Roger Stockham akan diseret ke pengadilan Rabu ini dengan tuduhan membuat laporan palsu atau ancaman terorisme dan untuk satu tuduhan membawa bahan peledak dengan maksud melanggar hukum.

"Saya merasa nyaman dengan fakta bahwa kami telah membawa dia pergi dari jalanan – ia tidak akan berhasil," kata Ronald Haddad kepala Polisi kepada The Associated Press hari Minggu sore. "Saya pikir masyarakat menginginkan kedamaian."

Haddad mengatakan Stockham ditangkap Senin malam tanpa insiden di pelataran parkir Islamic Center America, pada saat banyak jamaah sedang berkumpul di dalamnya. Dia mengatakan polisi menerima panggilan 911 dari warga.

Haddad mengatakan bahwa pihak berwenang percaya Stockham bertindak sendiri tapi masih akan menyelidikinya dengan serius." Dia mengatakan Stockham memiliki "sejarah panjang kegiatan anti-pemerintah," meskipun ia menolak untuk menguraikannya.

Kkepala polisi itu mengatakan ia telah memanggilt pemimpin masjid, Imam Hassan al-Qazwini, Selasa dini hari untuk memberitahukannya tentang penangkapan itu, dan kemudian akan bertemu dengan Qazwini dan anggota dewan masjid lainnya.

Dearborn, terletak sekitar 10 mil sebelah barat Detroit, adalah ibu kota komunitas Arab-Amerika, yang merupakan salah satu yang terbesar di AS.(fq/ap)