Qaddafi Berikan Hadiah Ratusan Ribu Dolar kepada Condoleezza Rice

Keterangan yang dirilis oleh Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat kemarin malam menegaskan, Pemimpin Libya Muammar Qaddafi telah memberikan hadiah kepada mantan Menlu AS Condoleezza Rice.

Qaddafi memberikan hadiah-hadiah tersebut ketika Rice mengunjungi Tripoli pada September tahun silam. Kunjungan Rice sekaligus kunjungan menlu Amerika pertama ke Libya pasca 55 tahun terakhir.

Saat itu, Qaddafi yang mengaku memiliki simpati kepada Rice dengan menyebutnya sebagai "karibku dari Afrika Hitam" memberikan Rice hadiah berupa cincin berlian dan kalung yang terdapat foto Rice di liontinnya.

Selain itu, Rice juga menerima hadiah berupa alat musik khas Arab dari Qaddafi. Total nilai hadiah itu sendiri mencapai 212 ribu dollar Amerika.

Rice menyerahkan semua hadiah tersebut, juga hadiah-hadiah lain yang pernah ia terima selama menjabat sebagai Menlu Amerika, kepada negara. Undang-undang Amerika menetapkan semua hadiah yang didapat oleh para pejabat negara dari negara lain adalah hak milik negara. (L2/byn)