Rusia Sambut Dimasukkannya "Emirat Kaukasus" sebagai Organisasi Teroris

Rusia menyambut baik keputusan pemerintah AS untuk memasukkan organisasi "Imarah Islam Kaukasus" di bawah kepemimpinan Doku Umarov dalam daftar organisasi teroris internasional.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Kami menyambut baik keputusan pemerintah AS menempatkan organisasi (Imarah Kaukasus), yang dipimpin oleh Doku Umarov, sebagai teroris internasional pada daftar organisasi teroris."

Pernyataan itu melanjutkan: "Kami berharap bahwa Amerika Serikat untuk meminta Dewan Keamanan untuk memasukkan Imarah Kaukasus dalam daftar organisasi yang terkait dengan al Qaidah dan Taliban."

Sebelumnya Departemen Luar Negeri Rusia mengumumkan Kamis lalu bahwa mereka berniat untuk melumpuhkan kemampuan kelompok ini dalam memulai serangan.

Washington juga mengumumkan hadiah lima juta dolar untuk semua informasi terkait tentang keberadaan Doku Umarov.

Umarov telah terlibat dalam pertempuran bersama para pejuang Chechnya melawan pasukan Rusia, sebelum menyatakan dirinya Amir dari Imarah/Emirat Islam Kaukasus.

Umarov juga dituduh melakukan serangan di bandara Moskow Domodedovo pada bulan Januari tahun ini, yang menyebabkan 37 orang tewas, dan serangan yang terjadi pada tahun 2010 di metro Moskow yang menewaskan 40 orang.(fq/imo)